Cara Menanam Bayam Cabut Terbukti Berhasil

Cara Menanam Bayam Cabut – Hampir tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak mengenal bayam, sayuran satu ini banyak disukai karena kelezatannya dan kemudahan mendapatkannya. kandungan vitamin dan mineralnya juga sangat baik untuk kesehatan mulai dari vitamin A, C, B Kompleks, E, mineral zat Besi, Magnesium, Asam Folat dan lain sebagainya.

Metode penanamannya yang cukup disebar tanpa perlu disemai membuat bayam sangat mudah dibudidaya mandiri, untung-untung dapat mengurangi biaya belanja harian. Ditambah usia bayam yang relatif singkat yaitu 25 hari, lengkaplah sudah syarat untuk menanam bayam mandiri.

Cara Menanam Bayam Cabut
Bayam – Source/Thegorbalsla

Berikut Gardenious akan ulas cara menanam Bayam Cabut, maksud dari bayam cabut adalah ketika panen, bayam akan dicabut sampai ke akar-akarnya, tidak menyisakan apapun.

Langkah-Langkah Menanam Bayam Cabut

Kita anggap akan menanam bayam cabut ini di halaman rumah dengan ukuran bedengan 1 × 3 meter

  1. Siapkan lahan yang akan ditanam, buat bedengan berukuran 1 × 3 meter, tinggi bedengan menyesuaikan, intinya apabila hujan bayam tidak sampai terendam air hujan.
  2. Berikan pupuk atau taburkan di atas bedengan, usahakan untuk menggunakan pupuk organik. Setelah didiamkan antara 7-10 hari maka bedengan sudah siap untuk disemai.
  3. Siapkan benih bayam yang akan ditanam, bisa didapat dengan cara membeli ke petani yang menjual bibit bayam langsung atau ke toko pertanian.
  4. Buatlah garis di bedengan dengan menggunakan kayu kecil, dengan jarak tiap garisnya antara 10-15 cm, fungsinya adalah supaya bayam tidak terlalu dempet nantinya.
  5. Taburkan dengan berjalan mengikuti garis yang sudah dibuat kemudian siram kembali benihnya supaya basah dan cepat sprout atau berkecambah.
  6. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari setiap pagi dan sore dengan melihat kondisi tanah, usahakan untuk tidak membiarkan tanah kering
  7. Lakukan pemupukan susulan saat bayam berusia 10 hari, bisa pupuk organik cair dengan cara disiram atau pupuk kandang dengan cara ditaburkan di bedengan.
    Cara Menanam Bayam Cabut
    Pupuk Kotoran Ayam – Source/PakTaniDigital
  8. Bersihkan rumput dan tanaman liar yang tumbuh di bedengan untuk memastikan unsur hara dapat diserap maksimal oleh bayam.
  9. Setelah bayam berumur 20-25 hari atau mempunyai tinggi kurang lebih 20cm, maka bayam sudah bisa dipanen, cara mengambilnya adalah mencabutnya sampai ke akar-akarnya. Bayam bisa dicuci kemudian diolah menjadi masakan yang disukai.

Demikian artikel tentang cara menanam bayam cabut, semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kita lebih suka dengan sayuran bayam. Semangat!

Leave a Comment