Cara Menyemai Benih Sayuran Gampang Dan Pasti Berhasil

Cara Menyemai Benih Sayuran Gampang Dan Berhasil – Halo Sahabat! Kali kesempatan ini Gardenious akan memberikan cara menyemai benih, kami memberikan contoh dengan menyemai benih sayuran, karena banyak sekali orang yang sedang menanam sayuran sendiri di rumahnya saat pandemi Covid-19. Selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan bercocok tanam bisa jadi sarana olahraga yang bernilai, karena hasilnya nanti dapat mengurangi biaya kebutuhan makan sehari-hari.

Langung saja sebelum memulainya, kita siapkan barang barang yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Benih sayuran (Sawi, Bayam, Kangkung, Kailan, Sawi Putih, Selada dll)
  2. Media tanam
  3. Pasir halus atau tanah biasa
  4. wadah semai, bisa beli tray pot atau nampan plastik biasa

    Cara Menyemai Benih Sayuran
    Tray Pot – Source/Tokopedia
  5. mangkok kecil atau wadah kecil
  6. Kain hitam atau kain biasa seadanya
  7. air biasa secukupnya

setelah semua bahan tersedia, kita melangkah ke tahapan selanjutnya

Tahapan Cara Menyemai Benih Sayuran

  1. Rendam benih yang sudah siap ke dalam air kurang lebih 15 menit, apabila ada benih yang mengambang bisa dimasukkan ke dalam air dengan tangan.
  2. Setelah 15 menit, Pisahkan benih yang masih mengambang, ada kemungkinan benih tersebut rusak sehingga tidak dapat sprout nantinya atau berkecambah
  3. Masukkan media tanam ke dalam wadah semai atau tray pot kemudian siram dengan air.
  4. Berikan setiap lubang dengan 1 benih tadi, setelah semua sudah terisi,  tutup dengan pasir halus atau tanah biasa untuk menutupi benih, tidak perlu terlalu banyak, sedikit saja intiya benih tertutup dengan pasir.
  5. Siram benih kembali dengan air

    Source/Youtube
  6. Tutup wadah semai atau tray pot dengan kain hitam, apabila tidak ada bisa menggunakan kain apapun
  7. Taruh di tempat gelap yang tidak terkena sinar matahari

Benih yang ditaruh di tempat gelap, biasanya dalam waktu 2×24 jam sudah sprout atau berkecambah, ketika sudah jadi kecambah, letakkan benih di bawah sinar matahari, usahkan setiap hari terkena sinar matahari selama 8 jam.

Cara Menyemai Benih Sayuran
Benih yang sudah siap tanam

Ketika daun dari benih tadi sudah ada 4, baru benih siap dipindah tanam ke polybag atau lahan yang sudah disiapkan. Demikian cara menyemai benih sayuran yang bisa dijamin apabila langkah-langkah tersebut diikuti, hasilnya akan baik.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Gardenious bisa selalu memberikan artikel yang bermanfaat, apabila ada hal yang ingin ditanyakan boleh tinggalkan komentar di bawah. Semangaat!

Leave a Comment