Daftar Tanaman Sayur Yang Gampang Ditanam Sendiri

Daftar Tanaman Sayur Yang Gampang Ditanam Sendiri – Hai sahabat Gardenious, apakah sahabat sekarang sedang mencari sayuran apa yang sedang ingin ditanam di halaman rumah sendiri? Gardenious akan sedikit mengulas tentang karakteristik beberapa sayuran yang bisa dijadikan rekomendasi sayuran untuk ditanam sendiri.

Manusia membutuhkan sayuran untuk dimakan setiap hari, meski ada sedikit orang yang kurang menyukai sayuran, faktanya sayuran merupakan nutrisi penting dan dibutuhkan tubuh untuk dapat dicerna dan kemudian menghasilkan tenaga.

Kebutuhan akan sayuran tersebut dipenuhi dari membeli di warung, supermarket, pasar dan tempat lainnya, apakah sahabat ingin mengurangi budget bulanan untuk membeli sayur dengan menanamnya sendiri? ada baiknya sahabat simak ulasan beberapa tanaman sayur berikut.

Sayur-Sayuran Yang Cocok Untuk Ditanam Mandiri

Gardenious merangkum beberapa karakter sayur dari lama masa tanam, berapa lama bisa dipanen, waktu yang cocok dan lain sebaginya. Yuk langsung saja!

Bayam

Sayur yang satu ini bisa dipastikan jadi sayuran yang sering ditemui di atas meja makan. Karena kelezatannya, nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat bayam sebagai sayuran yang digemari masyarakat pada umumnya.

Bayam – Source/Coco Online

ukuran tanaman yang tidak terlalu lebar, membuat bayam dapat ditanam berumpun di dalam polybag, untuk masa tanam bayam sendiri adalah sektiar 25-30 hari, setelahnya bayam bisa segera dipanen.

Varian yang biasa ditanam adalah bayam hijau, sedangkan untuk bayam merah kurang familiar, biasa dijual di supermarket atau tempat tempat yang lebih modern.

Sawi

Sawi lebih sering ditemui sebagai sayur pelengkap mie ayam dan bakso, tapi tidak sedikit juga yang memasaknya di rumah karena sawi sendiri sangat mudah di dapat di pasar atau tempat beli sayur lainnya.

Ukuran sayur ini yang melebar, akan bisa maksimal pertumbuhannya apabila ditanam sendiri, artinya misal untuk satu polybag hanya ditanami satu sayur sawi, untuk masa tanam sayuran ini sendiri mirip dengan bayam dan sayuran lainnya yaitu 25-30 hari. Setelah itu sawi bisa dipanen dan langsung diolah.

Sawi – Source/Jomoder

Kangkung

Penilaian pribadi Gardenious, sayur Kangkung adalah sayur yang paling enak ketika dimasak, khususnya tumis kangkung, rasa yang khas membuatnya juga menjadi hidangan spesial di restoran-restoran baik besar ataupun biasa. Menu andalan Ca Kangkung di daftar menu biasa dipilih orang untuk jadi menu pelengkap lain dari hidangan utama.

Tanaman Sayur
Kangkung – Source/IDN Medis

Umur tanam kangkung yang relatif lebih cepat yaitu 21-30 hari membuat sayuran ini paling banyak disukai masyarakat, apabila sahabat tertarik untuk menanamnya, coba panen kangkung sahabat di usia akhir tanam atau pada hari ke 28-30, karena batang kangkung yang besar akan lebih nikmat ketika dimasak, seperti ada kres kresnya. silahkan dicoba!

Pakcoy

Sayuran ini mungkin bagi sebagian sahabat kurang familiar terdengar, tapi di pasar-pasar keberadaan suplai pakcoy sudah mulai banyak, sayuran ini bisa mempunyai bentuk daun melebar seperti sawi dengan batang yang tebal dan pendek, karakter yang unik dari batangnya ini membuatnya banyak yang suka tekstur tebal dari batangnya ini ketika dimasak.

Masa tanam Pakcoy ini tergolong lama, yaitu 45 hari masa tanam, setelahnya baru Pakcoy bisa dipanen.

Tanaman Sayur
Pakcoy – Source/Gencil News

Selain 4 sayuran ini masih banyak tanaman sayur yang Gardenious sendiri rekomendasikan, ada selada, sawi putih, kailan dan masih banyak lainnya. Tapi perawatan yang lebih dari 4 sayur tadi dan masa tanam yang lama mebuatnya tidak masuk dalam daftar rekomendasi sayur kali ini.

Ada cara yang dapat dipakai untuk bisa dengan mudah menanam segala jenis sayur, yaitu dengan cara hidroponik. Apabila sahabat berkenan untuk mencoba memakai hidroponik silahkan sahabat baca artikelnya terlebih dahulu

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semangaat!

Leave a Comment